Jumat, 21 Januari 2011

Silabus PAI kls 7 th 2010/2011

SILABUS

Sekolah                      : SMP NEGERI 1 GETASAN KAB. SEMARANG
Kelas                          : VII ( TUJUH )
Mata Pelajaran          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semester                   : 1 ( GASAL )

Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan hukum bacaan qalqalah  dan ra.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1   Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra.








Hukum bacaan qalqalah  dan ra









1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur tentang hukum bacaan qalqalah dan ra hingga dapat menjelaskannya.







1.   Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah!
2 x 40 menit
C,X
2.   Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan sebutkan contohnya masing-masing!


3.   Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan ra!


4.  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan sebutkan contohnya masing-masing!


1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar.

2. Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar.
1.   Membaca bacaan qalqalah dengan benar.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah:
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ
حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا
2 x 40 menit
C,X
2.   Membaca bacaan ra tebal dengan benar.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan ra tebal:
وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ


3.   Membaca bacaan ra tipis dengan benar.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan ra tipis:
يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ
مِنْ قُوَّةٍ وَّلاَ نَاصِرٍ
إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


4.   Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab sambil menunjukkan bacaan qalqalahnya!



5.  Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah QS. at-Takatsur sambil menunjukkan hukum bacaan ra!








Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.

Iman kepada kitab-kitab Allah
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai litetatur serta kitab suci yang ada sekarang untuk dapat menjelaskan iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar.
1.   Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian kitab Allah menurut istilah!
1 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.   Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah!



3.  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah!



2.2 Menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul.


2. Siswa melakukan tanya jawab dengan para tokoh agama untuk mengetahui nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul.
1.   Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan empat nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya!
1 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.   Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul!



3.  Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.

Tes tulis
Uraian
1. Sebutkan beberapa isi pokok yang ada dalam kitab taurat!



2.3 Menampilkan sikap mencintai al-Quran sebagai Kitab Allah.


2. Siswa belajar membaca al-Quran dengan giat dan menghafalkannya sedikit demi sedikit sebagai sikap mencintai al-Quran.
1.   Menjelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan bahwa al-Quran merupakan Kitab Allah yang terakhir dan terlengkap!
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.   Menjelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan beberapa keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain!



3.  Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan apa yang sudah kalian lakukan dalam rangka menjadikan al-Quran sebagai pedoman hidup!







Standar Kompetensi (Akhlak): 3. Membiasakan perilaku terpuji.



<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal.

Perilaku terpuji (zuhud dan tawakal)
1. Siswa melakukan pengamatan tentang berbagai perilaku masyarakat sehingga memahami betul tentang konsep zuhud dan tawakkal dan mampu mempraktikkan-nya.

1.   Menjelaskan pengertian zuhud dan menyebutkan dalilnya.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Menganggap materi sebagai suatu yang biasa (tidak istimewa) sehingga tidak mencintainya secara berlebihan disebut:
    a. Iffah
    b. ikhtiar
    c. zuhud
    d. qana’ah

1 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menjelaskan pengertian tawakkal dan menyebutkan dalilnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian tawakkal menurut istilah!
   


3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal.


2. Siswa  berdiskusi untuk dapat mengidentifikasi contoh-contoh perilaku zukud dan tawakal.
1.   Menunjukkan contoh-contoh perilaku zuhud dalam kehidupan sehari-hari.

Tes unjuk kerja
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku kalian yang mencerminkan zuhud dan tunjukkan di hadapan teman-teman kalian!
1 x 40 menit
N,O,P,Q,X
2.  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.

Tes unjuk kerja
Identifikasi
1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku teman-teman kalian yang dapat menjelaskan perilaku tawakkal dalam beberapa hal!


3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.

3. Siswa menampilkan perilaku zuhud dan tawakkal di hadapan teman-temannya dan gurunya di sekolah.
1.   Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan keluarga.

Penilaian diri
Pelaporan
1. Cobalah kalian mencoba mempraktikkan perilaku zuhud di tengah-tengah keluarga dan berilah penilaian terhadap hal tersebut lalu laporkan kepada guru kalian!

2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan sekolah.

Tes unjuk kerja
Pembiasaan
1. Berlatihlah untuk selalu bertawakkal dalam mensikapi apa saja yang kalian alami di sekolah!



3.   Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan masyarakat.

Tes unjuk kerja
Pembiasaan
1. Berlatihlah untuk selalu berperilaku zuhud di tengah-tengah masyarakat!












Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Menghindari perilaku tercela.



<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

Perilaku tercela (ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah)
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang jelas tentang ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
1.   Menjelaskan pengertian ananiah dan bahayanya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian ananiah dan bahayanya!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menjelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya!



3.   Menjelaskan pengertian hasad dan bahayanya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hasad dan bahayanya!



4.   Menjelaskan pengertian ghibah dan bahayanya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian ghibah dan bahayanya!



5.   Menjelaskan pengertian namimah dan bahayanya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian namimah dan bahayanya!



6.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

Tes lisan
Praktik
1. Bacakan salah satu dalil naqli tentang ghibah!



4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.










2. Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.




1.   Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ananiyah!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghadhab.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ghadhab!



3.   Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku hasad!



4.   Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghibah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ghibah!



5.  Menyebutkan contoh-contoh perilaku namimah.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku namimah!



4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.


1. Siswa mengidentifikasi berbagai efek dari perilaku tercela (ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah) sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.
1.   Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

Penugasan
Pembiasaan
1. Cobalah kalian berusaha untuk selalu berbicara yang baik agar terhindar dari perilaku ghibah!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga

Penugasan
Pembiasaan
1. Berusahalah kalian menghindari perilaku ananiah dan namimah dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan keluarga!



3.   Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

Penugasan
Pembiasaan
1. Usahakan kalian menghindari perilaku ghadhab di lingkungan sekolah kalian!



4.  Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Penugasan
Pembiasaan
1. Berusahalah kalian menghindari perilaku ghadhab dan hasad dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan masyarakat!







Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Mengenal tatacara shalat sunnat.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.

Shalat Sunnat Rawatib
1. Membaca dan menelaah berbagai literatur tentang ketentuan shalat sunnat rawatib sehingga mampu menjelaskan dan mempraktikkan-nya.

1.   Menjelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan dasar hukumnya!
2 x 40 menit
R,S,X

2.   Menyebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib!



3.   Menyebutkan dalil naqli tentang shalat sunnat rawatib.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan satu dalil naqli terkait dengan salah satu shalat sunnat rawatib!



5.2 Mempraktikkan shalat sunnat rawatib.





2. Siswa mempraktikkan shalat rawatib bersama dengan meminta bimbingan ustadnya.
1.   Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya!
2 x 40 menit
R,S,X

2.  Mempraktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Praktikkan salah satu shalat sunnah rawatib di depan kelas!








Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami macam-macam sujud.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. 









Macam-macam sujud















1. Menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah serta mampu membedakan di antara ketiganya.

2.   Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya!
1 x 40 menit
R,S,X

3.   Menjelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar hukumnya!



4.   Menjelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar hukumnya!



5.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan sujud sahwi!



6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.


2. Siswa mengamati gurunya yang sedang mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
1.   Menjelaskan tatacara sujud syukur.

Tes lisan
Uraian
1. Jelaskan tatacara sujud syukur dengan singkat!
1 x 40 menit
R,S,X

2.   Menjelaskan tatacara sujud sahwi.

Tes lisan
Uraian
1. Jelaskan tatacara sujud sahwi dengan singkat!



3.  Menjelaskan tatacara sujud tilawah.

Tes lisan
Uraian
1. Jelaskan tatacara sujud tilawah dengan singkat!



6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.


3. Siswa mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah di hadapan gurunya.
1.   Mempraktikkan sujud syukur di sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Lakukan sujud syukur dengan benar di depan kelas!
2 x 40 menit
R,S,X

2.   Mempraktikkan sujud sahwi di sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Lakukan shalat yang dilengkapi dengan sujud sahwi!



3.  Mempraktikkan sujud tilawah di sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah ayat-ayat al-Quran yang terdapat ayat sajadahnya kemudian lakukan sujud tilawah sesuai dengan aturan yang benar!






Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami tatacara puasa.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib.





Puasa wajib dan puasa sunnah





1. Siswa mendengarkan uraian guru tentang ketentuan puasa wajib sehingga mampu menjelaskannya.





1.   Menjelaskan pengertian puasa wajib dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian puasa menurut bahasa dan istilah!
1 x 40 menit
R,S,X
2.   Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan puasa wajib.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Di antara hal-hal di bawah ini yang tidak termasuk syarat-syarat puasa adalah:
    a. suci dari hadas besar dan kecil
    b. beragama Islam
    c. tidak sedang menstruasi bagi wanita
    d. kuat melaksanakannya



3.   Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan rukun-rukun puasa dengan lengkap!


4.   Menjelaskan macam-macam puasa wajib.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Di antara hal-hal di bawah ini yang tidak termasuk puasa wajib adalah:
    a. puasa fidyah dalam ibadah haji
    b. puasa kafarat
    c. puasa qadla’
    d. puasa ‘Arafah



5.   Menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan hal-hal yang dapat membatalkan puasa!


6.  Menjelaskan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan siapa saja yang boleh tidak melakukan puasa!


7.2 Mempraktikkan puasa wajib.


2. Siswa diajak untuk mempraktikkan puasa wajib dengan tatacara yang benar pada waktunya.

1.   Menjelaskan tatacara melaksanakan puasa wajib.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan bagaimana cara melakukan puasa wajib!
1 x 40 menit
R,S,X

2.  Mempraktikkan puasa wajib.

Tes unjuk kerja
Pembiasaan
1. Lakukan puasa wajib pada waktu yang sudah ditentukan!



7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.


3. Siswa membaca dan mengkaji ketentuan-ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah dalam berbagai literatur.
1.   Menjelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan dasar hukumnya!
1 x 40 menit
R,S,X

2.   Menjelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar hukumnya!



3.  Menjelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar hukumnya!



7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.

4. Siswa dihimbau untuk mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah dengan tatacara yang benar pada waktunya.

1.  Menjelaskan tatacara puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan tatacara melakukan puasa Arafah!
1 x 40 menit
R,S,X

2.  Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah pada waktunya.

Tes unjuk kerja
Pembiasaan
1. Biasakan kalian melakukan puasa hari Senin dan Kamis sebagai ibadah sunnah mingguan kalian!










Standar Kompetensi (Fiqih): 8. Memahami zakat.



<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat fitrah dan zakat mal
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan pengertian yang jelas tentang zakat fitrah dan zakat mal.
1.   Menjelaskan pengertian zakat dan dasar hukumnya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah!
1 x 40 menit
R,S,X
2.   Menjelaskan macam-macam zakat.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan dua macam zakat yang diwajibkan!


3.   Menjelaskan syarat mengeluarkan zakat.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan syarat-syarat mengeluarkan zakat!


4.   Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan waktu yang diharamkan syarat mengeluarkan zakat!


5.   Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan jenis-jenis harta yang wajib dizakati!


6.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan satu dalil dari al-Quran yang menjelaskan perintah zakat mal!



8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.


2. Siswa berdiskusi untuk dapat membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.
1.   Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan ketentuan-ketentuan pokok  zakat fitrah!
1 x 40 menit
R,S,X

2.   Menjelaskan ketentuan zakat mal.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan ketentuan-ketentuan pokok  zakat fitrah mal!



3.  Menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan syarat-syarat mengeluarkan zakat!



8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.







3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.





1.   Menunjukkan dalil naqli tentang orang yang berhak meneriman zakat.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tunjukkan satu dalil naqli dari al-Quran yang menjelaskan Jelaskan syarat-syarat mengeluarkan orang-orang yang berhak meneriman zakat!

1 x 40 menit
R,S,X

2.   Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan siapa saja orang yang harus diutamakan dalam menerima zakat fitrah!



3.  Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat mal.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan siapa saja orang yang harus diutamakan dalam menerima zakat mal!



8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal

4. Siswa melakukan survey di BAZIZ terdekat untuk melihat pelaksanaan zakat yang benar.

1. Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat fitrah di sekolah.

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
1. Demonstrasikan pelaksanaan zakat fitrah bersama teman-teman kalian di sekolah!
1 x 40 menit
R,S,X

2. Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat mal di sekolah.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
1. Demonstrasikan pelaksanaan zakat mal bersama teman-teman kalian di sekolah!








Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 9. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.

Sejarah Nabi Muhammad Saw.
1.  Membaca dan mengkaji literatur untuk dapat menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
1.   Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Makkah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Makkah!

2 x 40 menit
U,V,X

2.  Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Madinah.

Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis yang berisi perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Madinah!




9.2 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah.


2. Siswa melakukan identifikasi tentang bentuk-bentuk perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah yang dapat diteladani sekarang ini.
1.   Menjelaskan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah.

Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis yang berisi perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah!

2 x 40 menit
U,V,X

2.   Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah dalam kehidupan kemasyarakatan di Indonesia.

Tes unjuk kerja
Identifikasi
1.  Lakukan observasi tentang apa saja yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia sebagai wujud dari cerminan keteladanan terhadap perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah!






Getasan,  17 Juli 2010
Mengetahui                                                                                                                                           Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



Drs. Alik Rowaid, M.Pd                                                                                                                                    Mubarok, S.Ag
NIP. 19621212 198803 1 007                                                                                                                 NIP -



SILABUS

Sekolah                      : SMP NEGERI 1 GETASAN KAB. SEMARANG
Kelas                          : VII ( TUJUH )
Mata Pelajaran          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semester                    : 2 ( GENAP )
Standar Kompetensi (Al-Quran): 10. Menerapkan hukum bacaaan Mad dan Waqaf.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf.







Hukum bacaaan Mad dan Waqaf







1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad dan Waqaf.






1.    Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
4 x 40 menit
C,X
2.    Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:
    a. حُنَفَآءَ
    b. فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
    c. وَلاَ تَحَآضُّوْنَ
    d. بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ



3.    Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal!


4.  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan contoh-contohnya.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan waqaf:
وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ
وَالشَّمْسِ وَضُحٰيهَا
صُحُفًا مُطَهَّرَةً


10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.


2. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Quran dalam surat-surat pendek sehingga dapat menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf.
1.   Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tuliskan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah!
2 x 40 menit
A,C,X

2.  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.



Tes lisan
Praktik
1. Bacalah ayat-ayat dalam QS. al-Ikhlash dengan menerapkan hukum bacaan waqaf!



10.3 Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran.


3. Siswa membaca ayat-ayat al-Quran terkait dengan hukum bacaan Mad dan Waqaf.
1.   Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan mad yang benar:
وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ. 
فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَآءُ
لِيُحَآجُّوكُمْ بِهِ عِنْدَ رَبِّكُمْ.

2 x 40 menit
A,D,E,F,X

2.   Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah QS. al-Fatihah dengan memerhatikan bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan!



3.  Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah beberapa ayat dalam QS. al-Baqarah dengan mempraktikkan hukum bacaan mad dan waqaf yang ada!








Standar Kompetensi (Aqidah): 11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.




Iman kepada Rasul Allah








1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang iman kepada Rasul Allah.
1.   Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian nabi dan rasul dari segi bahasa dan istilah!
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.   Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah!



3.  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah!



11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.


2. Siswa melakukan identifikasi tentang nama-nama dan sifat-sifat Rasul dari berbagai literatur.
1.   Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Di antara nabi-nabi di bawah ini yang termasuk putera Nabi Ya’qub adalah...
   a. Nabi Ibrahim
   b. Nabi Ismail
   c. Nabi Yusuf
   d. Nabi Musa
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.  Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.

Tes tulis
Isian
1. Salah satu sifat nabi dan rasul yang berarti terpelihara dari dosa adalah ...



3.  Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaannya.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Sebutkan tiga dari lima Nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi!



11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.


3. Siswa menampilkan contoh-contoh perilaku dalam rangka meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.
1.   Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.!
2 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

2.   Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam beribadah.

Tes tulis
Uraian
1. Bagaimana cara kalian meneladani Rasulullah Saw. dalam beribadah!



3.   Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam bermuamalah.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan beberapa aktivitas dalam bidang sosial ekonomi yang mencerminkan keteladanan dari sifat-sifat Rasulullah Saw.!






Standar Kompetensi (Akhlak): 12. Membiasakan perilaku terpuji.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.





Perilaku terpuji (adab makan dan minum)





1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang adab makan dan minum.

1.   Menjelaskan tatacara makan yang benar.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan tatacara makan yang benar!
1 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menjelaskan tatacara minum yang benar.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan tatacara minum yang benar!



3.  Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Carilah dalil naqli yang terkait dengan adab makan dan minum lalu tulislah dalam buku kerja kalian!



12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.


2. Siswa mengamati orang-orang yang sedang makan di rumah makan lalu menjelaskan-nya di depan kelas.

1.   Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan yang salah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Peragakan cara makan yang benar dan yang salah!
1 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.  Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah.
Tes unjuk kerja
Praktik
1. Peragakan cara minum yang benar dan yang salah!



12.3 Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.


3. Siswa diajak untuk Mempraktikkan adab makan dan minum yang benar dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarganya.
1.   Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.

Penugasan
Pembiasaan
1. Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ajaran Islam!
2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

Penugasan
Pembiasaan
1. Cobalah kalian selalu makan dan minum bersama teman-teman kalian di sekolah sesuai dengan ketentuan Islam!



3.  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Penugasan
Pembiasaan
1. Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang Islami di tengah-tengah kehidupan masyarakat!







Standar Kompetensi (Akhlak): 13. Menghindari perilaku tercela.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.

Perilaku tercela (dendam dan munafik)




1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang perilaku dendam dan munafik.




1.   Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.


Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian dendam dan bahayanya!
   
1 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian munafik dan bahayanya!
   



3.   Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan dendam!
   



4.  Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan munafik!
   



13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.


2. Siswa berdiskusi untuk menemukan ciri-ciri pendendam dan munafik.

1.  Menjelaskan ciri-ciri pendendam.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan ciri-ciri pendendam yang mudah kalian amati!
   
1 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.  Menjelaskan ciri-ciri munafik.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan ciri-ciri munafik seperti tersebut dalam hadits Nabi!
   



13.3 Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.


3. Siswa diajak untuk menghindari perilaku pendendam dan munafik di mana pun berada.
1.   Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.

Penugasan
Pembiasaan
1. Berusahalah kalian menghindari perilaku pendendam dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan keluarga!

2 x 40 menit
N,O,P,Q,X

2.   Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.

Penugasan
Pembiasaan
1. Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan sekolah kalian!



3.  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.
Penugasan
Pembiasaan
1. Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan masyarakat!







Standar Kompetensi (Fiqih): 14. Memahami hukum Islam  tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
Hewan yang halal dan haram dimakan
1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang ketentuan hewan yang halal dan haram dimakan.
1.   Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian makanan yang haram dan halal!
2 x 40 menit
R,S,X

2.   Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa jenis hewan yang halal dimakan!



3.   Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa jenis hewan yang haram dimakan!



4.  Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan haram dimakan.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Tunjukkan salah satu dalil aqli tentang diharamkannya daging babi!



14.2  Menghin-dari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.


2. Siswa diajak untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
1.   Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam lingkungan keluarga.

Penugasan
Pembiasaan
1. Usahakan kalian selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang halal dan menjauhi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang haram!

2 x 40 menit
R,S,X

2.  Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar lingkungan keluarga.

Penugasan
Pembiasaan
1. Berhatilah-hatilah kalian dalam mengkonsumsi makanan di warung-warung makan agar terhindar dari makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan!














Standar Kompetensi (Taarikh dan Kebudayaan Islam): 15. Memahami sejarah dakwah Islam.


<><>

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
15.1        Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.


Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam





1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur sejarah tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam.








1.   Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
Tes tulis
Uraian
1. Ceritakan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.!
6 x 40 menit
U,V,W,X

2.   Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
Tes tulis
Uraian
1. Tulislah uraian secara singkat tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin!



3.   Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah!



4.  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah!



15.2   Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.

2. Siswa mengidentifikasi para tokoh cendekiawan Muslim pada masa Dinasti Abbasiyah dan peran-perannya.
1.   Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah.

Tes tulis
Uraian
1. Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah!
2 x 40 menit
U,V,W,X

2.  Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah.

Tes tulis
Uraian
1. Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah!





Getasan,  17 Juli 2010
Mengetahui                                                                                                                                           Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



Drs. Alik Rowaid, M.Pd                                                                                                                                    Mubarok, S.Ag
NIP. 19621212 198803 1 007                                                                                                                 NIP –

SUMBER BELAJAR
A.            Departemen Agama RI. (1984). Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
B.           M. Quraish Shihab. (1997). Tafsir al-Qur’an al-Karim: tafsir atas surat-surat pendek berdasarkan urutan turunnya wahyu. Jakarta: Pustaka Hidayah.
C.           Buku-buku tentang Ilmu Tajwid.
D.           Imam Al-Bukhari. Al-Shahih.
E.           Imam Muslim. Al-Shahih.
F.            An-Nawawi. (1987). Riadhus shalihin. Alih Bahasa oleh Salim Bahreisy. Bandung: Al-Ma’arif. Cet. Ke-10.
G.           Fatchur Rahman. (1985). Ikhtishar musthalahul hadits. Bandung: Al-Ma’arif. Cet. Ke-4.
H.           Sayyid Sabiq. (1991). Aqidah Islam (ilmu tauhid). Alih bahasa oleh Moh. Abdai Rathomy. Bandung: C.V. Diponegoro. Cet. X.
I.               Nasruddin Razak. (1993). Dienul Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif. Cet. Ke-11.
J.             Endang Saifuddin Anshari. (1992). Kuliah al-Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Edisi 2. Cet. Ke-2.
K.           Muhammad Daud Ali. (2000). Pendidilkan agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-3.
L.            Departemen Agama RI. (2001). Pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Jakarta: Departemen Agama RI.
M.           A. Toto Suryana dkk. (1996). Pendidikan gama Islam untuk perguruan tinggi. Bandung: Tiga Mutiara.
N.           Hamzah Ya’qub. (1988). Etika Islam: pembinaan akhlakulkarimah (suatu pengantar). Bandung: CV Diponegoro. Cet Ke-4.
O.          Humaidi Tatapangarsa. (1991). Akhlak yang mulia. Surabaya: Bina Ilmu.
P.           Marzuki. (2006). Prinsip pokok akhlak mulia. Draf buku belum diterbitkan. Yogyakarta: UPT MKU UNY.
Q.          Rahmat Djatnika. (1996). Sistem etika Islami (akhlak mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas. Cet. Ke-2.
R.           Sulaiman Rasjid. (1976). Fiqh Islam (Hukum fiqh lengkap). Jakarta: Penerbit At-Tahiriyah. Cet. Ke-17.
S.           Sayyid Sabiq. (1992). Fiqh al-sunnah. Beirut: Dar al-Fikr.
T.            Muhammad Yusuf Musa. (1988). Islam suatu kajian komprehensif. Alih bahasa oleh A. Malik Madaniy dan Hamim Ilyas. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Pertama.
U.           Badri Yatim. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12.
V.            A. Hasjmy. (1995). Sejarah kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. V.
W.         Joesoef Sou’yb. (1979). Sejarah daulat khulafaur rasyidin. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. I.
X.           Dan buku-buku lain yang relevan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar