SILABUS
Sekolah : SMP NEGERI 1 GETASAN KAB. SEMARANG
Kelas : VII ( TUJUH )
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semester : 1 ( GASAL )
Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
1.1 Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra. | Hukum bacaan qalqalah dan ra | 1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur tentang hukum bacaan qalqalah dan ra hingga dapat menjelaskannya. | 1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah! | 2 x 40 menit | C,X | |
2. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan sebutkan contohnya masing-masing! | ||||||
3. Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan ra! | ||||||
4. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan sebutkan contohnya masing-masing! | ||||||
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar. | 2. Siswa membaca surat-surat pendek dalam al-Quran untuk dapat menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan benar. | 1. Membaca bacaan qalqalah dengan benar. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah: لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ وَاْلعَادِيَاتِ ضَبْحًا | 2 x 40 menit | C,X | ||
2. Membaca bacaan ra tebal dengan benar. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan ra tebal: وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ | ||||||
3. Membaca bacaan ra tipis dengan benar. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat al-Quran di bawah ini dengan menunjukkan hukum bacaan ra tipis: يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ مِنْ قُوَّةٍ وَّلاَ نَاصِرٍ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ | ||||||
4. Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab sambil menunjukkan bacaan qalqalahnya! | ||||||
5. Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. at-Takatsur sambil menunjukkan hukum bacaan ra! |
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah. | Iman kepada kitab-kitab Allah | 1. Siswa membaca dan menelaah berbagai litetatur serta kitab suci yang ada sekarang untuk dapat menjelaskan iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar. | 1. Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian kitab Allah menurut istilah! | 1 x 40 menit | H,I,J,K,L,M,X | |
2. Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah! | ||||||
3. Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah! | ||||||
2.2 Menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul. | 2. Siswa melakukan tanya jawab dengan para tokoh agama untuk mengetahui nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul. | 1. Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Sebutkan empat nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya! | 1 x 40 menit | H,I,J,K,L,M,X | ||
2. Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul! | ||||||
3. Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah. | Tes tulis | Uraian | 1. Sebutkan beberapa isi pokok yang ada dalam kitab taurat! | ||||||
2.3 Menampilkan sikap mencintai al-Quran sebagai Kitab Allah. | 2. Siswa belajar membaca al-Quran dengan giat dan menghafalkannya sedikit demi sedikit sebagai sikap mencintai al-Quran. | 1. Menjelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan bahwa al-Quran merupakan Kitab Allah yang terakhir dan terlengkap! | 2 x 40 menit | H,I,J,K,L,M,X | ||
2. Menjelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan beberapa keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain! | ||||||
3. Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan apa yang sudah kalian lakukan dalam rangka menjadikan al-Quran sebagai pedoman hidup! |
Standar Kompetensi (Akhlak): 3. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal. | Perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) | 1. Siswa melakukan pengamatan tentang berbagai perilaku masyarakat sehingga memahami betul tentang konsep zuhud dan tawakkal dan mampu mempraktikkan-nya. | 1. Menjelaskan pengertian zuhud dan menyebutkan dalilnya. | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Menganggap materi sebagai suatu yang biasa (tidak istimewa) sehingga tidak mencintainya secara berlebihan disebut: a. Iffah b. ikhtiar c. zuhud d. qana’ah | 1 x 40 menit | N,O,P,Q,X | |
2. Menjelaskan pengertian tawakkal dan menyebutkan dalilnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian tawakkal menurut istilah! | ||||||
3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal. | 2. Siswa berdiskusi untuk dapat mengidentifikasi contoh-contoh perilaku zukud dan tawakal. | 1. Menunjukkan contoh-contoh perilaku zuhud dalam kehidupan sehari-hari. | Tes unjuk kerja | Identifikasi | 1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku kalian yang mencerminkan zuhud dan tunjukkan di hadapan teman-teman kalian! | 1 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku tawakkal dalam kehidupan sehari-hari. | Tes unjuk kerja | Identifikasi | 1. Cobalah kalian mengidentifikasi beberapa perilaku teman-teman kalian yang dapat menjelaskan perilaku tawakkal dalam beberapa hal! | ||||||
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari. | 3. Siswa menampilkan perilaku zuhud dan tawakkal di hadapan teman-temannya dan gurunya di sekolah. | 1. Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan keluarga. | Penilaian diri | Pelaporan | 1. Cobalah kalian mencoba mempraktikkan perilaku zuhud di tengah-tengah keluarga dan berilah penilaian terhadap hal tersebut lalu laporkan kepada guru kalian! | 2 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan sekolah. | Tes unjuk kerja | Pembiasaan | 1. Berlatihlah untuk selalu bertawakkal dalam mensikapi apa saja yang kalian alami di sekolah! | ||||||
3. Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan masyarakat. | Tes unjuk kerja | Pembiasaan | 1. Berlatihlah untuk selalu berperilaku zuhud di tengah-tengah masyarakat! |
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Menghindari perilaku tercela.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. | Perilaku tercela (ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah) | 1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang jelas tentang ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. | 1. Menjelaskan pengertian ananiah dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian ananiah dan bahayanya! | 2 x 40 menit | N,O,P,Q,X | |
2. Menjelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya! | ||||||
3. Menjelaskan pengertian hasad dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian hasad dan bahayanya! | ||||||
4. Menjelaskan pengertian ghibah dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian ghibah dan bahayanya! | ||||||
5. Menjelaskan pengertian namimah dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian namimah dan bahayanya! | ||||||
6. Menyebutkan dalil naqli terkait dengan ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. | Tes lisan | Praktik | 1. Bacakan salah satu dalil naqli tentang ghibah! | ||||||
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. | 2. Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. | 1. Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ananiyah! | 2 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghadhab. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ghadhab! | ||||||
3. Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku hasad! | ||||||
4. Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghibah. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku ghibah! | ||||||
5. Menyebutkan contoh-contoh perilaku namimah. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa contoh yang menunjukkan perilaku namimah! | ||||||
4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Siswa mengidentifikasi berbagai efek dari perilaku tercela (ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah) sehingga ia berusaha untuk menghindarinya. | 1. Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Cobalah kalian berusaha untuk selalu berbicara yang baik agar terhindar dari perilaku ghibah! | 2 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga | Penugasan | Pembiasaan | 1. Berusahalah kalian menghindari perilaku ananiah dan namimah dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan keluarga! | ||||||
3. Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Usahakan kalian menghindari perilaku ghadhab di lingkungan sekolah kalian! | ||||||
4. Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Berusahalah kalian menghindari perilaku ghadhab dan hasad dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan masyarakat! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Mengenal tatacara shalat sunnat.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib. | Shalat Sunnat Rawatib | 1. Membaca dan menelaah berbagai literatur tentang ketentuan shalat sunnat rawatib sehingga mampu menjelaskan dan mempraktikkan-nya. | 1. Menjelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan dasar hukumnya! | 2 x 40 menit | R,S,X | |
2. Menyebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib! | ||||||
3. Menyebutkan dalil naqli tentang shalat sunnat rawatib. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Sebutkan satu dalil naqli terkait dengan salah satu shalat sunnat rawatib! | ||||||
5.2 Mempraktikkan shalat sunnat rawatib. | 2. Siswa mempraktikkan shalat rawatib bersama dengan meminta bimbingan ustadnya. | 1. Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya! | 2 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Mempraktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Praktikkan salah satu shalat sunnah rawatib di depan kelas! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami macam-macam sujud.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. | Macam-macam sujud | 1. Menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah serta mampu membedakan di antara ketiganya. | 2. Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya! | 1 x 40 menit | R,S,X | |
3. Menjelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar hukumnya! | ||||||
4. Menjelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar hukumnya! | ||||||
5. Menyebutkan dalil naqli terkait dengan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan sujud sahwi! | ||||||
6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. | 2. Siswa mengamati gurunya yang sedang mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. | 1. Menjelaskan tatacara sujud syukur. | Tes lisan | Uraian | 1. Jelaskan tatacara sujud syukur dengan singkat! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Menjelaskan tatacara sujud sahwi. | Tes lisan | Uraian | 1. Jelaskan tatacara sujud sahwi dengan singkat! | ||||||
3. Menjelaskan tatacara sujud tilawah. | Tes lisan | Uraian | 1. Jelaskan tatacara sujud tilawah dengan singkat! | ||||||
6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. | 3. Siswa mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah di hadapan gurunya. | 1. Mempraktikkan sujud syukur di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Lakukan sujud syukur dengan benar di depan kelas! | 2 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Mempraktikkan sujud sahwi di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Lakukan shalat yang dilengkapi dengan sujud sahwi! | ||||||
3. Mempraktikkan sujud tilawah di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah ayat-ayat al-Quran yang terdapat ayat sajadahnya kemudian lakukan sujud tilawah sesuai dengan aturan yang benar! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami tatacara puasa.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib. | Puasa wajib dan puasa sunnah | 1. Siswa mendengarkan uraian guru tentang ketentuan puasa wajib sehingga mampu menjelaskannya. | 1. Menjelaskan pengertian puasa wajib dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian puasa menurut bahasa dan istilah! | 1 x 40 menit | R,S,X | |
2. Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan puasa wajib. | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Di antara hal-hal di bawah ini yang tidak termasuk syarat-syarat puasa adalah: a. suci dari hadas besar dan kecil b. beragama Islam c. tidak sedang menstruasi bagi wanita d. kuat melaksanakannya | ||||||
3. Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Jelaskan rukun-rukun puasa dengan lengkap! | ||||||
4. Menjelaskan macam-macam puasa wajib. | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Di antara hal-hal di bawah ini yang tidak termasuk puasa wajib adalah: a. puasa fidyah dalam ibadah haji b. puasa kafarat c. puasa qadla’ d. puasa ‘Arafah | ||||||
5. Menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan hal-hal yang dapat membatalkan puasa! | ||||||
6. Menjelaskan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan siapa saja yang boleh tidak melakukan puasa! | ||||||
7.2 Mempraktikkan puasa wajib. | 2. Siswa diajak untuk mempraktikkan puasa wajib dengan tatacara yang benar pada waktunya. | 1. Menjelaskan tatacara melaksanakan puasa wajib. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan bagaimana cara melakukan puasa wajib! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Mempraktikkan puasa wajib. | Tes unjuk kerja | Pembiasaan | 1. Lakukan puasa wajib pada waktu yang sudah ditentukan! | ||||||
7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah. | 3. Siswa membaca dan mengkaji ketentuan-ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah dalam berbagai literatur. | 1. Menjelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan dasar hukumnya! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Menjelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar hukumnya! | ||||||
3. Menjelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar hukumnya! | ||||||
7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah. | 4. Siswa dihimbau untuk mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah dengan tatacara yang benar pada waktunya. | 1. Menjelaskan tatacara puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan tatacara melakukan puasa Arafah! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah pada waktunya. | Tes unjuk kerja | Pembiasaan | 1. Biasakan kalian melakukan puasa hari Senin dan Kamis sebagai ibadah sunnah mingguan kalian! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 8. Memahami zakat.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal. | Zakat fitrah dan zakat mal | 1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan pengertian yang jelas tentang zakat fitrah dan zakat mal. | 1. Menjelaskan pengertian zakat dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah! | 1 x 40 menit | R,S,X | |
2. Menjelaskan macam-macam zakat. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Jelaskan dua macam zakat yang diwajibkan! | ||||||
3. Menjelaskan syarat mengeluarkan zakat. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan syarat-syarat mengeluarkan zakat! | ||||||
4. Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Jelaskan waktu yang diharamkan syarat mengeluarkan zakat! | ||||||
5. Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan jenis-jenis harta yang wajib dizakati! | ||||||
6. Menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan satu dalil dari al-Quran yang menjelaskan perintah zakat mal! | ||||||
8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal. | 2. Siswa berdiskusi untuk dapat membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal. | 1. Menjelaskan ketentuan zakat fitrah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan ketentuan-ketentuan pokok zakat fitrah! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Menjelaskan ketentuan zakat mal. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan ketentuan-ketentuan pokok zakat fitrah mal! | ||||||
3. Menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan syarat-syarat mengeluarkan zakat! | ||||||
8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal. | 3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal. | 1. Menunjukkan dalil naqli tentang orang yang berhak meneriman zakat. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Tunjukkan satu dalil naqli dari al-Quran yang menjelaskan Jelaskan syarat-syarat mengeluarkan orang-orang yang berhak meneriman zakat! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan siapa saja orang yang harus diutamakan dalam menerima zakat fitrah! | ||||||
3. Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat mal. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan siapa saja orang yang harus diutamakan dalam menerima zakat mal! | ||||||
8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal | 4. Siswa melakukan survey di BAZIZ terdekat untuk melihat pelaksanaan zakat yang benar. | 1. Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat fitrah di sekolah. | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja | 1. Demonstrasikan pelaksanaan zakat fitrah bersama teman-teman kalian di sekolah! | 1 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat mal di sekolah. | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja | 1. Demonstrasikan pelaksanaan zakat mal bersama teman-teman kalian di sekolah! |
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 9. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. | Sejarah Nabi Muhammad Saw. | 1. Membaca dan mengkaji literatur untuk dapat menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. | 1. Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Makkah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Makkah! | 2 x 40 menit | U,V,X | |
2. Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Madinah. | Portofolio | Karya tulis | 1. Buatlah karya tulis yang berisi perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Madinah! | ||||||
9.2 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah. | 2. Siswa melakukan identifikasi tentang bentuk-bentuk perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah yang dapat diteladani sekarang ini. | 1. Menjelaskan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah. | Portofolio | Karya tulis | 1. Buatlah karya tulis yang berisi perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah! | 2 x 40 menit | U,V,X | ||
2. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah dalam kehidupan kemasyarakatan di Indonesia. | Tes unjuk kerja | Identifikasi | 1. Lakukan observasi tentang apa saja yang dilakukan oleh umat Islam |
Getasan, 17 Juli 2010
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
Drs. Alik Rowaid, M.Pd Mubarok, S.Ag
NIP. 19621212 198803 1 007 NIP -
SILABUS
Sekolah : SMP NEGERI 1 GETASAN KAB. SEMARANG
Kelas : VII ( TUJUH )
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semester : 2 ( GENAP )
Standar Kompetensi (Al-Quran): 10. Menerapkan hukum bacaaan Mad dan Waqaf.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf. | Hukum bacaaan Mad dan Waqaf | 1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad dan Waqaf. | 1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad! | 4 x 40 menit | C,X | |
2. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya. | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah: a. حُنَفَآءَ b. فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ c. وَلاَ تَحَآضُّوْنَ d. بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ | ||||||
3. Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal! | ||||||
4. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan contoh-contohnya. | Tes lisan | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan waqaf: وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ وَالشَّمْسِ وَضُحٰيهَا صُحُفًا مُطَهَّرَةً | ||||||
10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran. | 2. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Quran dalam surat-surat pendek sehingga dapat menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf. | 1. Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Tuliskan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah! | 2 x 40 menit | A,C,X | ||
2. Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash. | Tes lisan | Praktik | 1. Bacalah ayat-ayat dalam QS. al-Ikhlash dengan menerapkan hukum bacaan waqaf! | ||||||
10.3 Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran. | 3. Siswa membaca ayat-ayat al-Quran terkait dengan hukum bacaan Mad dan Waqaf. | 1. Mempraktikkan cara membaca bacaan mad. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan mad yang benar: وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ. فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَآءُ لِيُحَآجُّوكُمْ بِهِ عِنْدَ رَبِّكُمْ. | 2 x 40 menit | A,D,E,F,X | ||
2. Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah QS. al-Fatihah dengan memerhatikan bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan! | ||||||
3. Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Bacalah beberapa ayat dalam QS. al-Baqarah dengan mempraktikkan hukum bacaan mad dan waqaf yang ada! |
Standar Kompetensi (Aqidah): 11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah. | Iman kepada Rasul Allah | 1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang iman kepada Rasul Allah. | 1. Menjelaskan pengertian nabi dan rasul. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian nabi dan rasul dari segi bahasa dan istilah! | 2 x 40 menit | H,I,J,K,L,M,X | |
2. Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah! | ||||||
3. Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah! | ||||||
11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah. | 2. Siswa melakukan identifikasi tentang nama-nama dan sifat-sifat Rasul dari berbagai literatur. | 1. Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah. | Tes tulis | Pilihan ganda | 1. Di antara nabi-nabi di bawah ini yang termasuk putera Nabi Ya’qub adalah... a. Nabi Ibrahim b. Nabi Ismail c. Nabi Yusuf d. Nabi Musa | 2 x 40 menit | H,I,J,K,L,M,X | ||
2. Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah. | Tes tulis | Isian | 1. Salah satu sifat nabi dan rasul yang berarti terpelihara dari dosa adalah ... | ||||||
3. Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaannya. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Sebutkan tiga dari | ||||||
11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. | 3. Siswa menampilkan contoh-contoh perilaku dalam rangka meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. | 1. Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.! | 2 x 40 menit | H,I,J,K,L,M,X | ||
2. Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam beribadah. | Tes tulis | Uraian | 1. Bagaimana cara kalian meneladani Rasulullah Saw. dalam beribadah! | ||||||
3. Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam bermuamalah. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan beberapa aktivitas dalam bidang sosial ekonomi yang mencerminkan keteladanan dari sifat-sifat Rasulullah Saw.! |
Standar Kompetensi (Akhlak): 12. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
12.1 Menjelaskan adab makan dan minum. | Perilaku terpuji (adab makan dan minum) | 1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang adab makan dan minum. | 1. Menjelaskan tatacara makan yang benar. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan tatacara makan yang benar! | 1 x 40 menit | N,O,P,Q,X | |
2. Menjelaskan tatacara minum yang benar. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan tatacara minum yang benar! | ||||||
3. Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum. | Penugasan | Pekerjaan rumah | 1. Carilah dalil naqli yang terkait dengan adab makan dan minum lalu tulislah dalam buku kerja kalian! | ||||||
12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum. | 2. Siswa mengamati orang-orang yang sedang makan di rumah makan lalu menjelaskan-nya di depan kelas. | 1. Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan yang salah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Peragakan cara makan yang benar dan yang salah! | 1 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah. | Tes unjuk kerja | Praktik | 1. Peragakan cara minum yang benar dan yang salah! | ||||||
12.3 Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari. | 3. Siswa diajak untuk Mempraktikkan adab makan dan minum yang benar dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarganya. | 1. Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ajaran Islam! | 2 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Cobalah kalian selalu makan dan minum bersama teman-teman kalian di sekolah sesuai dengan ketentuan Islam! | ||||||
3. Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang Islami di tengah-tengah kehidupan masyarakat! |
Standar Kompetensi (Akhlak): 13. Menghindari perilaku tercela.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik. | Perilaku tercela (dendam dan munafik) | 1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang perilaku dendam dan munafik. | 1. Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian dendam dan bahayanya! | 1 x 40 menit | N,O,P,Q,X | |
2. Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian munafik dan bahayanya! | ||||||
3. Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan dendam! | ||||||
4. Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan munafik! | ||||||
13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik. | 2. Siswa berdiskusi untuk menemukan ciri-ciri pendendam dan munafik. | 1. Menjelaskan ciri-ciri pendendam. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan ciri-ciri pendendam yang mudah kalian amati! | 1 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Menjelaskan ciri-ciri munafik. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan ciri-ciri munafik seperti tersebut dalam hadits Nabi! | ||||||
13.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari. | 3. Siswa diajak untuk menghindari perilaku pendendam dan munafik di mana pun berada. | 1. Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Berusahalah kalian menghindari perilaku pendendam dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan keluarga! | 2 x 40 menit | N,O,P,Q,X | ||
2. Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan sekolah kalian! | ||||||
3. Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan masyarakat! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan. | Hewan yang halal dan haram dimakan | 1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang ketentuan hewan yang halal dan haram dimakan. | 1. Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram. | Tes tulis | Uraian | 1. Jelaskan pengertian makanan yang haram dan halal! | 2 x 40 menit | R,S,X | |
2. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa jenis hewan yang halal dimakan! | ||||||
3. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan. | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan beberapa jenis hewan yang haram dimakan! | ||||||
4. Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan haram dimakan. | Tes lisan | Jawaban singkat | 1. Tunjukkan salah satu dalil aqli tentang diharamkannya daging babi! | ||||||
14.2 Menghin-dari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan. | 2. Siswa diajak untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan. | 1. Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam lingkungan keluarga. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Usahakan kalian selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang halal dan menjauhi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang haram! | 2 x 40 menit | R,S,X | ||
2. Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar lingkungan keluarga. | Penugasan | Pembiasaan | 1. Berhatilah-hatilah kalian dalam mengkonsumsi makanan di warung-warung makan agar terhindar dari makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan! |
Standar Kompetensi (Taarikh dan Kebudayaan Islam): 15. Memahami sejarah dakwah Islam.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | <>>|||||||
15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah. | Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam | 1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur sejarah tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam. | 1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw. | Tes tulis | Uraian | 1. Ceritakan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.! | 6 x 40 menit | U,V,W,X | |
2. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin. | Tes tulis | Uraian | 1. Tulislah uraian secara singkat tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin! | ||||||
3. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah. | Portofolio | Karya tulis | 1. Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah! | ||||||
4. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah. | Portofolio | Karya tulis | 1. Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah! | ||||||
15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah. | 2. Siswa mengidentifikasi para tokoh cendekiawan Muslim pada masa Dinasti Abbasiyah dan peran-perannya. | 1. Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah. | Tes tulis | Uraian | 1. Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah! | 2 x 40 menit | U,V,W,X | ||
2. Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah. | Tes tulis | Uraian | 1. Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah! |
Getasan, 17 Juli 2010
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
Drs. Alik Rowaid, M.Pd Mubarok, S.Ag
NIP. 19621212 198803 1 007 NIP –
SUMBER BELAJAR
A. Departemen Agama RI. (1984). Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta : Departemen Agama RI.
B. M. Quraish Shihab. (1997). Tafsir al-Qur’an al-Karim: tafsir atas surat-surat pendek berdasarkan urutan turunnya wahyu. Jakarta : Pustaka Hidayah.
C. Buku-buku tentang Ilmu Tajwid.
D. Imam Al-Bukhari. Al-Shahih.
E. Imam Muslim. Al-Shahih.
F. An-Nawawi. (1987). Riadhus shalihin. Alih Bahasa oleh Salim Bahreisy. Bandung : Al-Ma’arif. Cet. Ke-10.
G. Fatchur Rahman. (1985). Ikhtishar musthalahul hadits. Bandung : Al-Ma’arif. Cet. Ke-4.
H. Sayyid Sabiq. (1991). Aqidah Islam (ilmu tauhid). Alih bahasa oleh Moh. Abdai Rathomy. Bandung : C.V. Diponegoro. Cet. X.
I. Nasruddin Razak. (1993). Dienul Islam. Bandung : PT. Al-Ma’arif. Cet. Ke-11.
J. Endang Saifuddin Anshari. (1992). Kuliah al-Islam. Jakarta : Rajawali Pers. Edisi 2. Cet. Ke-2.
K. Muhammad Daud Ali. (2000). Pendidilkan agama Islam. Jakarta : Rajawali Pers. Cet. Ke-3.
L. Departemen Agama RI. (2001). Pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Jakarta : Departemen Agama RI.
M. A. Toto Suryana dkk. (1996). Pendidikan gama Islam untuk perguruan tinggi. Bandung : Tiga Mutiara.
N. Hamzah Ya’qub. (1988). Etika Islam: pembinaan akhlakulkarimah (suatu pengantar). Bandung : CV Diponegoro. Cet Ke-4.
O. Humaidi Tatapangarsa. (1991). Akhlak yang mulia. Surabaya : Bina Ilmu.
P. Marzuki. (2006). Prinsip pokok akhlak mulia. Draf buku belum diterbitkan. Yogyakarta : UPT MKU UNY.
Q. Rahmat Djatnika. (1996). Sistem etika Islami (akhlak mulia). Jakarta : Pustaka Panjimas. Cet. Ke-2.
R. Sulaiman Rasjid. (1976). Fiqh Islam (Hukum fiqh lengkap). Jakarta : Penerbit At-Tahiriyah. Cet. Ke-17.
S. Sayyid Sabiq. (1992). Fiqh al-sunnah. Beirut : Dar al-Fikr.
T. Muhammad Yusuf Musa. (1988). Islam suatu kajian komprehensif. Alih bahasa oleh A. Malik Madaniy dan Hamim Ilyas. Jakarta : Rajawali Pers. Cet. Pertama.
U. Badri Yatim. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta : Rajawali Pers. Cet. Ke-12.
V. A. Hasjmy. (1995). Sejarah kebudayaan Islam. Jakarta : Bulan Bintang. Cet. V.
W. Joesoef Sou’yb. (1979). Sejarah daulat khulafaur rasyidin. Jakarta : Bulan Bintang. Cet. I.
X. Dan buku-buku lain yang relevan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar